Sunday, December 9, 2012

Pemicu Kanker di Produk Perlengkapan si Kecil

Bahan Kimia Pemicu Kanker di Produk Perlengkapan Bayi - Kandungan bahan kimia dalam produk sehari-hari diketahui bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Yang lebih mengkhawatirkan, bahan-bahan kimia tersebut juga terkandung dalam produk perlengkapan bayi. Bahan kimia ini dapat menyebabkan penurunan kecerdasan hingga kanker.

Sebuah organisasi bernama Center for Environmental Health di AS lantas mengajukan pemberitahuan resmi yang mengatakan bahwa para pengecer yang masihmenjual produk-produk berbahaya tersebut melanggar hukum karena tidak memperingatkan konsumen tentang berbagai produk bayi yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Bahan kimia berbahaya ini disebut Tris, sedangkan beberapa produk perlengkapan bayi yang disebut-sebut mengandung Tris adalah diaper pengganti popok, matras bayi dan tempat tidur bayi. Seperti dilansir Fox News, pemerintah California sebenarnya telah memasukkan Tris ke dalam 65 daftar bahan kimia karsinogenik.

Sebuah laboratorium independen ditugaskan oleh Center for Environmental Health mencoba menguji 19 produk untuk bayi yang dijual di toko dan dibeli secara online. Hasilnya menemukan ada 16 dari produk yang mengandung Tris, namun tidak ada satupun produk yang mencantumkan label peringatan.

Dalam satu kursi goyang untuk bayi, laboratorium menemukan terdapat sekitar 10 persen bahan kimia beracun pada busa yang digunakan. Pada produk lain, ada yang kandungannya antara 3 - 6 persen. Kadar ini masih jauh dari kadar yang dianggap aman dalam peraturan.

Sayangnya, undang-undang Toxic Substances Control Act membuat pihak regulator hampir mustahil melarang produsen untuk tidak menggunakan Tris dalam pembuatan produknya. Oleh karena itu, organiasi ini mendesak pengecer besar seperti Amazon.com, Target dan Walmart untuk memberi label peringatan pada produk yang mengandung Tris.

Juru bicara Walmart menanggapi bahwa perusahaan belum melihat adanya pemberitahuan secara hukum, tetapi akan berusaha mematuhi semua persyaratan yang ada. Target menjelaskan pihaknya berkomitmen untuk selalu mematuhi peraturan dan berharap suppliernya melakukan hal yang sama. Sedangkan Amazon tidak mau memberikan komentar.
*Sumber: http://health.detik.com/read...walah-ada-bahan-kimia-pemicu-kanker-di-produk-perlengkapan-bayi

No comments:

Post a Comment