Tuesday, December 11, 2012

Inilah Cara untuk Panjang Umur

Inilah Cara untuk Panjang Umur - Besse Cooper, orang tertua di dunia itu meninggal di usia 116 tahun. Apa rahasia Besse panjang umur? Simpel: tidak makan junk food dan memikirkan urusannya sendiri. Namun upaya untuk panjang umur masih ada banyak cara. Tertarik mencoba?

Berikut ini beberapa hal yang patut dicoba agar bisa panjang umur seperti dikutip dari Daily Mail:

1. Membaca Majalah dengan Posisi Terbalik
Pergilah keluar dari zona nyaman Anda. Hal itu antara lain bisa dilakukan dengan membaca majalah secara terbalik, menulis dengan tangan yang tidak biasa Anda gunakan, atau mendengarkan musik yang Anda benci.

Lakukan hal ini sesekali sehingga Anda berada pada tahap stres ringan, merusak sel sehingga akan ada perbaikan di tubuh Anda yang terkait dengan usia. Demikian pendapat ahli penuaan dini dari AS, Marios Kyriazis.

2. Pergi Tidur Sejam Lebih Awal
Hanya dengan pergi tidur satu jam lebih awal, Anda bisa mendapat manfaat hebat. Sebab hal itu cukup untuk menurunkan tekanan darah hanya dalam tempo enam pekan.

Studi yang dilakukan Harvard Business School baru-baru ini menyebutkan orang-orang yang tidur 7 jam atau kurang di malam hari menyebabkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah. Dengan demikian akan meminimalkan serangan jantung dan stroke

Para peneliti berpendapat tidur yang terlalu sedikit dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menangani hormon stres.

3. Jaga Kerapian Rumah
Umur panjang seseorang bisa diprediksi melalui bagaimana ketelitiannya. Demikian pendapat psikolog AS, Dr Howard Friedman dan Dr Leslie Martin, yang pernah membuat studi tentang umur panjang.

Katelitian itu juga berarti seseorang berhati-hati dengan uangnya, pemikirannya, serta orientasi detailnya yang bisa dilihat dari cara orang itu meletakkan kembali barang-barang yang diambilnya.

Orang yang teliti mungkin memiliki lebih banyak serotonin kimia otak, yang mempengaruhi seberapa banyak mereka makan dan seberapa baik mereka tidur. Mereka juga tampak secara alami berada di situasi dan hubungan yang lebih sehat.

4. Berjalan Kaki Setiap Hari
Penilitian menunjukkan berjalan kaki dalam jarak pendek cukup untuk meningkatkan kerja otak dan memperlambat penurunan daya ingat. Suatu studi menunjukkan orang tua yang berjalan enam mil dalam sepekan diketahui lebih baik dalam mengingat dan mengambil keputusan setelah enam bulan. Hal ini mungkin terjadi karena aktivitas yang lebih besar memicu sel-sel otak baru, serta pembuluh darah baru dan hubungan antara sel-sel otak.

5. Bercinta Dua Kali Sepekan
Sebuah riset terhadap pria berusia 45-50 di Wales Selatan (Caerphilly Cohort Study) menemukan bahwa seks yang dilakukan secara teratur memiliki efek perlindungan. Para pria Wales yang sering menikmati orgasme (dua kali sepekan) memiliki risiko kematian dini 50 persen lebih rendah.

Seorang pakar dari AS memperkirakan seks yang dilakukan sedikitnya tiga kali seminggu dapat menambah dua tahun waktu Anda untuk hidup. Sebab seks dapat meningkatkan denyut jantung dan aliran darah. Jadi jika Anda melakukannya setiap hari, maka harapan hidup Anda bisa meningkat delapan tahun!

Selain meningkatkan sirkulasi dan mengurangi stres, hubungan seks melepaskan Dehydroepiandrosterone (DHEA), sejenis hormon steroid yang dibuat oleh kelenjar adrenal pada laki-laki dan perempuan, yang membantu memperbaiki dan memulihkan jaringan, juga menjadi anti-depresan alami terutama bagi perempuan.

6. Jangan Semua Diingat
Saat semakin umur bertambah dan muncul masalah dengan daya ingat, hal itu bukan karena disebabkan oleh layunya sel-sel otak, tetapi karena kita menyimpan terlalu banyak hal di kepala. Demikian disampaikan Dr John Medina, ketua peneliti otak di AS.

Otak tengah kesulitan menghalangi informasi yang tidak perlu. Karena itu solusinya adalah dengan membuang informasi yang tidak perlu untuk membuat ruang yang lebih lega di kepala Anda. Jadi tidak perlu mengingat-ingat jadwal bus, nama orang yang Anda temui saat makan malam, atau jalan cerita sinetron di televisi.
*Sumber: http://health.detik.com/read...ada-banyak-cara-untuk-panjang-umur-tertarik-mencoba

No comments:

Post a Comment