Friday, December 7, 2012

Makanan Alternatif untuk Turunkan Kolesterol

Makanan Alternatif Turunkan Kolesterol - Sudah terlanjur memiliki kadar kolesterol yang tinggi? Kurangnya berolahraga ditambah dengan pola makan yang tidak sehat akan menyebabkan seseorang lebih mudah untuk terserang kolesterol. Sebelum bertambah parah, menurut American Heart Association (AHA), kadar kolesterol dalam darah bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti yang berikut ini. 

1. Gandum. Mengonsumsi dua porsi gandum setiap hari dalam 6 minggu, mampu mengurangi kolesterol jahat sebanyak 5,3 persen. Diketahui, gandum mengandung zat yang disebut beta-glukan yang dapat menyerap kolesterol jahat. 

2. Asam lemak omega 3. Omega 3 yang berperan penting dalam menjaga kadar kolestrol tetap terkendali. Kandungan ini juga membantu menurunkan tekanan darah dan menekan risiko pembekuan darah. Asam lemak omega 3 bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon, dan juga hering. 

3. Kacang-kacangan. Bahan makanan ini memiliki molekul lemak terendah dari tiga jenis lemak seperti lemak tak jenuh ganda, lemak jenuh, dan lemak tak jenuh tunggal. Anda juga bisa mencoba kacang merah, atau kacang pinto yang mampu memenuhi sepertiga dari kebutuhan serat harian. 

4. Kedelai. Dengan menambahkan setengah cangkir kedelai dalam pola makan Anda, dapat membantu menurunan kadar kolesterol sebanyak 8 persen. 

5. Cokelat. Sebungkus dark cokelat yang sehat kaya akan antioksidan dan zat pengurang kolesterol. Kandungan ini dapat mengurangi kerusakan yang terjadi di pembuluh darah, yang dapat mengancam kesehatan seseorang dengan sirosis atau penyakit hati kronis, dan juga risiko penyakit kardiovaskular. 

Sudahkah Anda melengkapi menu harian dengan jenis makanan tersebut? Jika belum, yuk penuhi asupannya, sehingga hari-hari Anda akan terbebas dengan gangguan kolesterol.
*Sumber: http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php...Makanan-Alternatif-untuk-Turunkan-Kolesterol

No comments:

Post a Comment