Thursday, February 14, 2013

Perawatan Kecantikan Penyebab Kanker

Banyak sekali orang yang ingin dirinya menjadi lebih cantik, namun jika ternyata perawatan kecantikan yang dilakukan terlalu over, nanti hasilnya justru akan menjadi berbahaya. 

Disini saya akan membagikan beberapa perawatan kecantikan yang berpotensi menjadi perusak bagi kesehatan anda :

1. Penggunaan krim pemutih
Biasanya bleaching bukanlah suatu masalah. Yang jadi masalah adalah ketika orang yang terlalu overbleaching. Krim yang digunakan memang bisa efektif dalam mengubah warna kulit anda menjadi lebih putih dan cemerlang, tetapi terkadang orang terlalu lebay dalam menggunakannya dan justru dapat membahayakan dirinya sendiri.
Senyawa Hidroquinon yang terkandung dalam krim pemutih adalah suatu senyawa yang bersifat karsinogen (pemicu kanker) dan berpotensi menghambat produksi melanin dan harusnya digunakan dalam konsentrasi yang sangat minim (<2%). Efek Samping Hidroquinon adalah dapat menyebabkan ochronosis (discolor pigmen tulang rawan), dan ini dapat membuat kulit tampak biru-hitam-lebam.

2. Kuku Palsu
Kuku Palsu biasanya terbuat dari bahan acrylic yang dapat menjadi perusak karena dapat berperan aktif dalam proses infeksi bakteri. Ruang tipis antara kuku dan kuku palsu dapat menciptakan lingkungan hangat dan lembab sehingga menciptakan lingkungan yang ideal untuk infeksi bakteri dan juga tumbuhnya jamur.
Umumnya seseorang akan mengalami kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit. Pada kondisi yang lebih buruk bisa merusak atau mematahkan kuku alaminya. Jaliman menyarankan agar seseorang mengonsumsi vitamin B kompleks untuk memperkuat kuku alaminya.

3. Hair extension
Banyak sekali perempuan yang menggunakan hair extension tiap hari dan melebihi waktu yang disarankan. Akan tetapi, umumnya proses ini justru melemahkan akar rambut dan dapat membuat rambut asli menjadi lemah dan rontok. Pada akhirnya apa yang akan terjadi ? Botak lah yang akan terjadi. Hal ini disebabkan oleh rambut yang ditempelkan dirambut asli dapat memberikan tekanan yang besar pada folikel rambut, yang membuatnya tidak kuat sehingga rontok.

4. Laser Hair Removal (Menghilangkang rambut dengan laser)
Laser Hair Removal memang tergolong suatu teknik yang efektif. Hal ini dapat dikategorikan aman jika dilakukan oleh seorang profesional. Tetapi, bagi orang yang memiliki kulit gelap sebaiknya berhati hati karena laser ini sebenarnya dirancang untuk menargetkan pigmen di dalam batang rambut. Karena jika tidak hati-hati, laser bisa merusak lapisan epidermis, sehingga orang berkulit gelap memiliki risiko lebih tinggi mengalami lecet. Untuk itu, sebelum melakukan teknik ini sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa praktisi yang melakukannya sudah memiliki sertifikat atau sudah berpengalaman.

5. Bulu mata palsu dan ekstensi bulu mata
Bulu mata palsu atau ekstensi bulu mata akan membuatnya terlihat lebih gelap dan lebih tebal. Tapi hal ini bisa mengurangi kemampuan bulu mata asli yang berfungsi melindungi mata dari kotoran, matahari dan debu. Karenanya jika digunakan terlalu lama akan membuat mata menjadi lebih berisiko terkena sesuatu atau infeksi dan tidak sehat. Jaliman menyarankan agar perawatan ini dilakukan pada saat-saat tertentu saja seperti pernikahan dan tidak dalam jangka waktu lama.

Alangkah lebih baiknya jika menggunakan yang alami seperti air mawar

No comments:

Post a Comment