Sunday, February 3, 2013

Cara Atasi Perut Kembung saat Menstruasi

Keluhan perut kembung terkadang juga bisa dialami para perempuan yang tengah mengalami menstruasi. Rasa tidak nyaman, diimbangi dengan nyeri dan terkadang menimbulkan kram, adalah hal yang biasa terjadi. 

Siklus menstruasi rata-rata berjalan selama 28 hari. Kadar hormon naik dan turun sesuai dengan kondisi tubuh. Misalnya, ketika sedang masa subur, kadar hormon meningkat. Namun jika tidak dibuahi, hormon menurun dan tubuh mempersiapkan diri untuk siklus menstruasi. Penurunan hormon tersebut terkadang juga memicu rasa nyeri ketika perempuan tengah menstruasi.

Selama rentang waktu menstruasi, dinding rahim perempuan bisa saja terasa nyeri bahkan perut terasa kembung. 

Ada beberapa cara untuk mencegah perut kembung selama menstruasi. Sebaiknya, konsumsi makanan dalam porsi kecil sebelum masa haid. Selain itu, menghindari makanan yang mengandung banyak garam juga merupakan cara yang ampuh. Pasalnya, konsumsi garam yang berlebihan akan menyebabkan retensi air dalam perut akan meningkat, sehingga perut akan terasa kembung.

Selain mengonsumsi garam dalam jumlah yang cukup, selama menstruasi, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung banyak magnesium dan juga kalsium. Untuk magnesium dan kalsium, Anda bisa mendapatkannya dari pisang, susu, dan juga produk olahan susu. Jangan lupa untuk tetap olahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar meski sedang menstruasi. (mtn)

No comments:

Post a Comment