Sunday, January 13, 2013

Tetap Cantik Hingga Manula, Mau??

Manfaat olahraga bagi kaum manula - Manula-pun tentunya ingin untuk tetap terlihat cantik dan sehat. Kajian studi di Belanda menunjukkan olahraga aerobik dapat meningkatkan kekuatan otak orang – orang lanjut usia. Kajian yang diterbitkan di The Cochrane Library ini secara acak mengevaluasi percobaan yang telah diadakan di Amerika, Perancis dan Swedia terhadap 670 orang berusia 55 tahun keatas. Para peneliti di University or Applied Sciences, di Utcrecht, Belanda, menemukan 8 dari studi yang dilakukan disimpulkan dengan mengikuti program latihan aerobik dapat meningkatkan VO2 max-indicator respiratory endurance sampai dengan 14% dan peningkatan kebugaran cardiorespiratory bersamaan dengan peningkatan fungsi kognitif.

Peningkatan kognitif sebagai hasil dari peningkatan dalam fitnes kardiovaskular dijelaskan dengan perbaikan dalam aliran darah cerebral/ yang menyebabkan peningkatan metabolisme otak yang akhirnya bisa menstimulir produksi neurotransmitter dan pembentukan synapses baru. Pada saat bersamaan, peningkatan kebugaran kardiovaskular menyebabkan penurunan penyakit kardiovaskular.

Apalagi dibarengi dengan perawatan tubuh dari luar dengan ditunjang oleh gaya hidup dan pola makan teratur juga asupan makanan yang bergizi cukup untuk kebutuhan tubuh. Tentunya menambah pesona penampilan saat manula, tetap segar bugar alias sehat dan cantik di usia senja.
*Sumber: sehatcantik.co.id

No comments:

Post a Comment