Tuesday, January 15, 2013

Inilah Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Menghindari penyakit diabetes tentunya menjadi suatu hal yang sulit untuk dilakukan, dimana sekarang ini banyak sekali penyebab yang dapat memicu penyakit diabetes.

Melakukan pencegahan saja tentunya masih lah belum cukup untuk menghindari anda dari ancaman penyakit diabetes ini. Ancaman diabetes selain dapat muncul karena faktor dominan dari keluarga atau melalui faktor keturunan, ternyata penyakit diabetes juga dapat terjadi melalui pola hidup yang kurang sehat. Pengaruh besar terhadap resiko terkena diabetes adalah melalui pola makan yang kurang sehat, tidak memperhatikannya pola makan tersebut tentunya menjadi sebuah ancaman serius bagi kesehatan anda terhadap serangan diabetes.

Beberapa langkah mudah yang perlu anda terapkan saat ini untuk menghindarkan anda dari penyakit diabetes adalah dapat melakukan atau memperhatikan beberapa hal berikut ini;

  1. Mulailah menjalani cara dengan menurunkan berat badan, dengan mengurangi berat badan tentunya anda dapat mengecilkan resiko terkena diabetes. Dalam melakukan cara menurunkan berat badan ini tentunya dapat menjalani program diet, diet yang anda jalani juga bisa saja dengan melakukan program diet sehat yang tidak terlalu ketat dalam melakukan cara menurunkan berat badan.
  2. Biasakanlah mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah, sayuran tentunya dapat membantu anda mengontrol gula darah agar tetap stabil. Begitu juga dengan mengkonsumsi buah-buahan, rasa manis pada buah tentunya mencukupi kebutuhan akan gula bagi tubuh. Dengan demikian tentunya anda tidak perlu menggunakan gula tambahan yang lebih banyak lagi atau anda dapat mengurangi gula tambahan setiap harinya.
  3. Rutinitas berolahraga sebaiknya anda mulai jalani, anda tidak perlu melakukan olahraga berat untuk menghindari anda dari diabetes ini. Cukup melakukan kegiatan olahraga ringan seperti berjalan misalnya, jika dilakukan secara rutin tentunya akan membantu proses pembakaran gula didalam tubuh. Disamping itu tentunya dengan melakukan olahraga secara rutin tentunya tubuh akan tetap sehat dan bugar.
  4. Konsumsi jenis makanan yang mengandung serat, sereal dapat anda tambahkan sebagai salah satu menu untuk sarapan anda. Atau anda dapat mengkonsumsi cemilan ringan yang berbahan dasar sereal ini. Sereal mampu menjaga tubuh tetap langsing namun mengenyangkan sekaligus juga mampu menyerap lemak dan mengontrol kadar gula dalam darah. Selain sereal, makanan yang bersumber dari jenis biji-bijian memberikan sumbangan terbesar bagi proses penurunan kadar gula dalam darah.
  5. Hindari makanan yang tinggi lemak maupun yang dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi, makanan cepat saji menjadi makanan yang amat menakutkan jika anda telah terbiasa mengkonsumsi jenis makanan ini. Dibalik rasanya yang gurih ternyata mampu meningkatkan resiko anda terkena diabetes. Sebaiknya mulailah mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan lebih bergizi untuk menghindari anda dari diabetes.
  6. Rajin mengontrol kadar gula darah anda, bagi anda penderita diabetes sebaiknya lakukanlah pemeriksaan terhadap kadar gula anda secara rutin. Hal ini tentunya bertujuan agar anda lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kelebihan kadar gula dalam tubuh. Selalu konsultasikan kepada dokter mengenai hal-hal yang dapat memperburuk diabetes anda.
Dalam melakukan cara menghindari diabetes ini, sebaiknya anda meminta bantuan kepada rekan atau anggota keluarga anda yang lain agar dapat membantu anda menjalani pola hidup sehat dan sebagai partner untuk mengingatkan anda dalam mengontrol kadar gula dalam darah anda. 

No comments:

Post a Comment