Wednesday, November 6, 2013

Kurangi Risiko Kanker Kemih Perempuan dengan Asupan Buah dan Sayuran

Mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran bantu mengurangi risiko perkembangan kanker pada kandung kemih perempuan, demikian disimpulkan beberapa peneliti AS pada Jumat (23/8).

Hasil penelitian di atas diutarakan peneliti dari University of Hawaii dalam laporannya di Journal of Nutrition. Penelitian itu didapat setelah menganalisis data yang dikumpulkan dari 185.885 orang dewasa yang berusia lanjut selama 12,5 tahun. Secara keseluruhan, 152 perempuan dan 429 lelaki didiagnosis menderita kanker ganas kandung kemih.

Setelah menyesuaikan variabel yang berkaitan dengan risiko kanker, seperti usia, para peneliti tersebut mendapati perempuan yang mengkonsumsi banyak buah dan sayuran berisiko lebih rendah menderita kanker kandung kemih.

Para peneliti itu mengatakan, perempuan yang banyak mengkonsumsi sayuran kuning-jeruk menurunkan kemungkinan terserang kanker kandung kemih hingga 52% dibandingkan dengan perempuan yang mengkonsumsi sedikit sayuran kuning-jeruk.

Studi tersebut juga menyatakan, perempuan yang banyak mengasup vitamin A, C dan E memiliki risiko paling rendah untuk terserang kanker kandung kemih, demikian laporan Xinhua.

Namun tak ada kaitan antara konsumsi buah-sayuran dan kanker ganas kandung kemih pada pria, katanya.

"Studi kami mendukung saran mengkonsumsi buah dan sayuran bagi pencegahan kanker," kata peneliti Song-Yi Park di University of Hawaii Cancer Center di dalam satu pernyataan.

"Namun, penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk memahami dan menjelaskan mengapa berkurangnya risiko kanker dengan lebih banyak konsumsi buah dan sayuran hanya terbatas pada perempuan," kata Park.
*Sumber : beritasatu

No comments:

Post a Comment