Wednesday, November 27, 2013

Ibu Hamil Muda, Harus Jaga Posisi Tidur lho..

Hamil muda adalah keadaan yang membahagiakan, sekaligus rentan bagi seorang wanita. Ia harus menjaga kehamilannya dengan baik, sekaligus juga menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan nyaman, termasuk saat sedang tidur. Ibu hamil muda kadang merasa tak nyaman untuk tidur, sebab posisi tidur bagi ibu hamil memang terbatas.

Jika sebelum hamil seorang wanita bisa tidur dengan berbagai posisi favorit termasuk menelungkup, maka saat hamil tentu hal tersebut tak bisa lagi dilakukan. Ibu hamil riskan jika tidur dengan posisi menelungkup, sebab janin dalam rahim bisa terjepit dan kurang oksigen.

Nah, posisi tidur yang seperti apakah yang terbaik bagi ibu hamil, utamanya yang masih hamil muda? Berikut contohnya seperti dilansir oleh Boldsky:

Tidur miring
Posisi tidur miring adalah salah satu posisi yang nyaman untuk ibu hamil muda dan juga hamil tua. Pada posisi ini suplay oksigen untuk janin dan juga ibu tetap lancar. Sebaiknya yang dipilih adalah tidur miring ke kanan, sebab bagian lambung di sisi kiri pun tak tertekan oleh tubuh ibu. Namun sesekali posisi tidur miring ke kiri pun diperbolehkan, agar ibu tak lelah. Mengganjal punggung dengan bantal akan menambah kenyamanan ibu.

Telentang
Tidur telentang pun dapat dipilih oleh ibu hamil muda, namun kadang ibu merasa pegal sebab rahim berisi janin akan menekan berbagai organ dalam ibu. Saat bangun, bisa jadi ibu akan merasa pegal di bagian pinggul dan mengalami kontraksi sebab kelelahan.

Telungkup
Untuk ibu yang hamil muda, atau trimester pertama, maka tidur telungkup atau tengkurap masih bisa dilakukan. Namun sebaiknya jangan terlalu lama melakukannya, sebab Anda akan kesulitan bernafas juga.

Yang terbaik tentu adalah berganti-ganti posisi tidur agar punggung dan pinggul tak lelah, juga ibu yang hamil muda bisa tetap nyaman. (sidomi

No comments:

Post a Comment