Thursday, January 23, 2014

Wortel Kukus Dapat Melawan Kanker Paru-Paru

Wortel memiliki manfaat luar biasa bagi paru-paru. Studi yang dilakukan Dr Kirsten Brandt dari Universitas Newcastle menemukan, wortel dapat membersihkan paru-paru dari segala bentuk racun – seperti radikal bebas – sehingga mampu untuk mencegah penyakit yang mengganggu sistem pernapasan hingga kemunculan kanker.

Hal ini terungkap setelah peneliti melakukan ujicoba pada 24 tikus. Sebelumnya tikus ini diketahui mengidap tumor prakanker. Selama 18 minggu, sebagian mereka diberikan makanan yang telah ditambahkan wortel. Hasilnya, tikus yang diberi makan seperti ini mengalami penurunan perkembangan kanker pada paru-parunya hingga 30 persen dibanding tikus yang tidak diberi makan yang sama.

Keungulan wortel tersebut disebabkan adanya kandungan falcarinol. Antioksidan ini merangsang tubuh untuk mampu menghadapi serangan radikal bebas, termasuk yang sudah menyebabkan kanker. Selain itu, wortel masih memiliki antioksidan lain yang benama betakaroten yang sama-sama berguna melawan radikal bebas.

Sementara itu, untuk mendapatkan manfaat wortel untuk kesehatan tubuh disarankan memasaknya dengan direbus atau dikukus. Kedua cara ini memungkinkan nutrisi di dalamnya tidak mudah rusak. Wortel kukus, misalnya, memiliki kandungan antiokasidan 34,3 persen lebih tinggi dibanding wortel mentah. Hal ini sejalan dengan hasil studi Prof Luke Howard dari Universitas Arkansas.
Dalam temuannya, wortel yang dikukus kandungan antioksidannya justru meningkat. Peningkatan itu memiliki skor puncak sampai satu minggu kemudian, lalu skor antioksidan akan turun. Namun nilai antioksidan wortel rebus masih tetap lebih tinggi dibanding yang mentah. Hal ini dipicu adanya pelepasan betakaroten dari serat wortel melalui proses pemasakan yang cepat. Betakaroten yang sudah keluar dari serat lebih gampang diserap tubuh.

No comments:

Post a Comment