Friday, January 10, 2014

Buah dan Sayur Mampu Atasi Asma


Buah, sayur, dan biji-bijian bisa membantu mengatasi asma. Penambahan serat, mampu mengubah sari makanan yang diserap tubuh dari usus, kemudian mengubah sistem imunisasi.

Dalam artikel di jurnal ilmiah Nature Medicine, peneliti melakukan penelitian dengan memberikan buah, sayur, dan biji-bijian ke sejumlah tikus. Hasilnya, makanan kaya serat bisa meminimalkan inflamasi atau radang pada paru-paru.

Menurut peneliti, semakin seing seseorang mengkonsumsi produk makanan olahan. Kemungkinan seseorang terserang asma semakin tinggi.

Bagi penderita asma, saluran pernafasan mereka lebih sensitif dan lebih rentan mengalami iritasi dan inflamasi. Bila hal tersebut terjadi, saluran pernafasan mengecil yang membuat sulit bernafas.

Peneliti menjelaskan, masih diperlukan kajian lanjutan agar penelitian itu bisa diterapkan untuk manusia. Dr Benjamin Marsland, pakar yang terlibat di penelitian, mengatakan bahwa penerapannya untuk manusia jelas terbuka lebar.

"Memang masih terlalu dini, tapi jika nantinya dapat diterapkan untuk manusia, dampaknya bisa sangat luas," terang Dr Marsland. 

No comments:

Post a Comment