Monday, December 2, 2013

Apa yang Tersembunyi pada Kulit Buah dan Sayur

Rumus Kesehatan - Kulit buah dan sayur ternyata juga menyimpan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kulit buah dan sayur biasanya kita buang karena kita anggap tidak layak dikonsumsi. Memang tidak semua sayur dan buah menyimpan nutrisi yang baik pada kulitnya, tapi ada beberapa jenis sayur dan buah yang kulitnya mengandung vitamin dan mineral yang berperan positif pada kesehatan tubuh. Berikut beberapa jenis kulit buah dan sayur:
  • Daun wortel.
    Biasanya bagian yang ini tidak digunakan. Tapi ternyata daun wortel mengandung banyak sekali klorofil yang merupakan sumber terbaik potasium, mineral magnesium dan juga kalsium. Fungsinya adalah untuk meningkatkan tekanan darah, kesehatan dan menjaga agar otot dan tulang tetap kuat.
  • Kulit kentang.
    Daging kentang memang sudah terkenal mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi. Tetapi tahukah Anda bahwa kulit kulit justru kaya akan zat besi, potasium, dan serat? Kulit dari setiap buah kentang mengandung 18% asupan rekomendasi serat. Kandungan ini berfungsi baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, serta menurunkan resiko diabetes dan penyakit jantung.
  • Kulit apel.
    Kulit buah dan sayur yang satu ini mengandung banyak sekali serat, quercitin, dan phytochemical yang berfunsgi sebagai antioksidan dan anti peradangan. Tetapi untuk menghindari dampak negatif dari pestisida yang ada di kulit apel, sangat disarankan untuk mengkonsumsi apel organik.
  • Albedo dan kulit jeruk.
    Albedo merupakan lapisan kulit putih yang ada di dalam kulit jeruk. Albedo mempunyai kandungan serat 4 kali lebih banyak daripada daging buah jeruk itu sendiri. Bahkan kandungan utama yang ada di dalam kulit jeruk bisa melawan pembentukan sel kanker serta menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
  • Lapisan kulit semangka.
    Bagian kulit yang ada di bawah daging semangka mengandung banyak sekali asam amino dan citrulline yang kemudian dikonversi menjadi arginine di dalam tubuh. Nutrisi sangat baik untuk sistem sirkulasi, jantung, imunitas serta menyembuhkan disfungsi ereksi.
  • Kulit bawang Bombay.
    Kulit buah dan sayur yang satu ini mengandung banyak sekali quercetin dan juga tipe flavonoids yang lain. Selain itu, ada kandungan serat di dalamnya yang berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan, menurunkan resiko penyakit jantung, obesitas dan diabetes tipe dua. Sementara itu, kandungan phenolic yang ada di dalamnya juga bisa mengatasi penyakit jantung koroner. (infoperempuan)

No comments:

Post a Comment